Pemahaman Class dan Objek Dalam ActionScript 3.0

Class and Object

Ilustrasi berikut mungkin bisa membantu untuk memahami apa itu class dan objek dalam ActionScript.

Bayangkan kita akan membangun sebuah pesawat terbang, sepenuhnya membangun dari awal. Kita tentunya tidak akan langsung pergi ke toko logam dan memulai pengelasan. Tentunya kita harus membuat dan menyusun blueprint untuk membuat desain pesawat terlebih dahulu. Dan mengingat bahwa kita benar-benar membangun pesawat dari awal, tidak hanya satu blueprint utama yang kita buat, namun beberapa blueprint untuk masing-masing bagian pesawat seperti roda, sayap, kursi dan sebagainya. Setiap cetak biru akan menggambarkan bagian tertentu secara konseptual dan sesuai dengan bagian yang sebenarnya fisik pesawat yang akan dihasilkan nantinya. Untuk membangun pesawat, kita akan memproduksi masing-masing bagian secara individual, dan kemudian mengumpulkan mereka sesuai dengan blueprint utama dan merakitnya menjadi sebuah pesawat yang utuh.

Sama halnya dengan pesawat, program ActionScript yang berjalan adalah sekelompok objek yang dikumpulkan berdasarkan satu set kelas (class). Sedangkan objek-objek dalam ActionScript mewakili dua hal, yaitu objek nyata dan konsep tidak berwujud dalam sebuah program. Sebagai contoh, sebuah objek mungkin mewakili angka dalam perhitungan, objek yang lain merupakan tombol dalam tampilan antarmuka pengguna, atau bahkan mewakili efek blur pada gambar. Obyek adalah perwujudan, atau contoh dari kelas (class). Class merupakan cetak biru yang diatasnya objek-objek berdiri atau didasarkan.

Langkah pertama dalam menulis program baru adalah menentukan kelas (class). Setiap class menjelaskan dalam bentuk kode, baik karakteristik dan jenis tertentu dari objek. Beberapa class dalam program harus ditulis dari awal, sementara yang lain disediakan oleh ActionScript dan berbagai runtimes Flash. Class yang ditulis dari awal (dikenal sebagai custom class) digunakan untuk membuat konten jenis khusus, seperti form order untuk aplikasi belanja, mobil dalam permainan balap, atau pesan dalam aplikasi chat. Sebaliknya, class yang disediakan oleh ActionScript dan berbagai runtimes Flash (dikenal sebagai built-in class) digunakan untuk melakukan tugas-tugas mendasar seperti membuat nomor dan teks, memainkan suara, menampilkan gambar, mengakses jaringan, dan menanggapi masukan pengguna. Dari class pada program inilah kita membuat objek dan memberitahu apa-apa saja yang akan dilakukan objek-objek tersebut. Apapun yang dilakukan oleh objek-objek tersebut menentukan perilaku program.

Share This!


No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates