![]() |
ActionScript 3.0 |
Setiap program ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu, sama halnya seperti buku yang ditulis dalam bahasa tertentu (Bahasa Indonesia, Inggris, Rusia, dan Jepang, dll. ). Bahasa pemrograman seperti ActionScript 3.0 pun memiliki aturan penulisan syntax dan tata bahasa yang harus digunakan secara baik oleh para programmer untuk dapat membentuk instruksi yang diberikan dalam program.
ActionScript 3.0 adalah sebuah bahasa OOP (object-oriented programming) untuk membuat aplikasi dan konten multimedia untuk dijalankan di klien Flash runtimes (seperti Flash Player dan Adobe AIR). Dengan sintaks yang merupakan turunan Java dan C#, ActionScript seharusnya sudah familiar untuk para programmer berpengalaman.
Sebagai contoh, kode berikut menciptakan variabel yang bernama width, bertipe data int (bermakna integer), dan ditetapkan bernilai 25:
var width:int = 25;
Code berikut membuat perulangan sampai dengan 10:
for (var i:int = 1; i <= 10; i++) { // Kode-kode disini akan dijalankan sebanyak 10 kali }
Dan code berikut ini sebuah class dengan nama Product:
public class Product { var price:Number; public function Product() { //... } public function doSomething():void { //... } }
Lalu tool apakah yang dibutuhkan untuk dapat membuat program ActionScript 3.0?
Kode-kode ActionScript adalah kode program yang ditulis dalam format plain text biasa, karena itulah sebuah program ActionScript dapat ditulis dengan hanya sebuah text editor sederhana seperti Notepad misalnya. Namun, kebanyakan para programmer ActionScript menulis kode menggunakan satu (atau keduanya) dari dua alat bantu komersial produk Adobe Sistem Incorporated: Flex Builder dan Flash authoring tool seperti Adobe Flash CS3, 4, 5, dst.
Sebelum program ActionScript dapat dieksekusi atau dijalankan oleh Flash runtime, ia harus dikonversi dari code ActionScript 3.0 yang dapat dibaca oleh manusia menjadi kode-kode dengan format binary yang bisa dimengerti oleh Flash runtime yang dikenal dengan ActionScript bytecode, atau ABC. Namun ini belum cukup, ActionScript bytecode tidak dapat langsung dieksekusi oleh Flash runtimes; ia harus dibungkus dalam sebuah wadah file binary yang dikenal sebagai sebuah file .swf File .swf ini menyimpan file bytecode dan aset-aset media tertanam yang diperlukan oleh program ActionScript pada file berformat Flash atau .swf. Proses mengkonversi sebuah program ActionScript program menjadi bytecode inilah dikenal dengan istilah mengkompilasi program (compile) atau sering juga disebut dengan istilah publish.
No comments:
Post a Comment